Berita

    Simak Kapan Waktu Ganti Oli Mobil yang Benar

    Jika ingin memiliki mobil yang awet dengan performa tinggi, sangat ideal untuk mengecek keadaan mobil tiap bulannya untuk servis atau penggantian spare part. Salah satu hal yang rutin dilakukan adalah ganti oli mobil. 

    Mengganti oli pada mobil baiknya memang dilakukan rutin di tiap bulan. Namun ada acuan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh.

    Tapi tidak banyak orang yang tahu harus ganti oli pada mobil di berapa kilometer. Untuk mengetahuinya silahkan baca pembahasan di bawah ini.

    Umumnya pertanyaan berapa km ganti oli mobil ini dapat ditentukan oleh banyak hal. Yaitu seberapa sering pemakaian dan jenis medan yang sering dilalui oleh mobil. 

            1. Berapa KM Ganti Oli Mobil Berdasarkan Seberapa Sering Pemakaian.

    Untuk mobil yang sering dipakai sehari-hari, penggantian oli mobil bisa dilakukan setiap mencapai 5 ribu km. Jika mobil tersebut jarang dipakai, maka penggantian oli ini bisa dilakukan ketika angka kilometer telah mencapai 10 ribu km. 

            2. Ganti Oli Berdasarkan Medan Perjalanan

    Ketika medan perjalanan yang dilalui mobil merupakan lalu lintas yang lancar dan jarang adanya hambatan seperti macet, maka penggantian oli mobil bisa dilakukan setiap 10 ribu km sekali.

    Namun jika medan yang dilalui adalah kota-kota besar dengan macet yang menjadi makanan sehari-hari, maka lebih baik ganti oli mobil setiap 5 ribu km saja. Hal ini karena di medan jalan yang statis, mesin mobil tidak terus-terusan bekerja seperti pada keadaan macet, 

    Berbeda dengan di medan jalan yang sering terkena macet. Mesin overheat akan sering dirasakan. Maka dari itu penggantian oli mobil harus lebih sering dilakukan juga.

    Tanda-Tanda Harus Ganti Oil Dilihat dari Keadaan Mobil

    Selain melihat berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh, ada beberapa tanda lain yang bisa dilihat dan dirasakan pada mobil Anda. Simak pembahasannya berikut.

            1. Mesin Mobil Mempunyai Suara Kasar

    Ketika menyalakan mobil, perhatikan apakah bunyi mesin yang keluar terdengar kasar atau tidak. Hal ini karena suara kasar tersebut, bisa menjadi tanda bahwa oli mobil sudah terlalu lama digunakan dan perlu diganti.

            2. Warna Oli Menjadi Hitam

    Cara berikutnya adalah dengan melihat warna dari oli mobil. Oli mobil yang masih bagus untuk digunakan haruslah berwarna kuning transparan. Namun jika oli sudah berwarna hitam pekat, itulah tanda bahwa oli sudah terkontaminasi dan perlu diganti.