Berita

    Cara Memperbaiki Speedometer Analog dan Digital yang Rusak

    Ada beberapa kendala yang sering terjadi pada speedometer mobil. Contohnya seperti mati dan tidak berfungsi dengan baik. Agar bisa mengatasinya, Anda harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

    Speedometer adalah sebuah alat untuk mengukur kecepatan kendaraan, baik motor maupun mobil. Alat ini menghitung kecepatan berdasarkan kilometer per jam. Itulah kenapa, komponen tersebut memiliki fungsi yang sangat penting.

     Penyebab Speedometer Mobil Rusak

    Alat untuk mengukur kecepatan ini biasanya menggunakan jarum untuk menunjukkan angka kecepatan kendaraan. Namun, terkadang jarum tersebut tiba-tiba mati (berhenti bergerak) atau tidak stabil.

    Ada beberapa penyebab speedometer mobil rusak. Agar Anda bisa mengatasinya secara tepat, simak berikut penyebab-penyebabnya di bawah ini:

    1.  Mati Akibat Masalah Kelistrikan

    Hal yang paling umum penyebab alat pengukur kecepatan mobil ini mati yaitu karena masalah kelistrikan mobil. Jarum pada speedometer akan tiba-tiba mati atau tidak berfungsi dengan baik akibat sistem kelistrikan yang tidak bagus.

    Kabel alat pengukur kecepatan ini biasanya dialiri oleh listrik. Ketika listrik bermasalah, secara otomatis alat tersebut akan mengalami ketidakstabilan atau tidak berfungsi sama sekali.

    Salah satu masalah kelistrikan yang paling sering terjadi yaitu putusnya kabel kelistrikan speedometer. Selain bermasalah pada alat pengukur kecepatan mobil, masalah kelistrikan juga bisa memengaruhi komponen yang lain.

    2.  Mengalami Kerusakan Pada Sensor

    Alat pengukur kecepatan mobil memiliki sensor yang terletak pada bagian transmisi. Fungsi dari sensor ini yaitu untuk mendeteksi tingkat kecepatan mobil maupun motor. Jika sensor ini mati, maka alat pengukur kecepatan tersebut tidak akan berfungsi.

    Sensor speedometer mobil manual dan digital memiliki perbedaan. Khusus untuk versi digital, sensor yang digunakan biasanya berjenis optik. Di sisi lain, jika sensor ini mengalami kerusakan, maka bisa berpengaruh juga pada komponen lain seperti lampu check engine.

    3.  Error Pada Panel Speedometer

    Masalah lain yang dapat menyebabkan alat pengukur kecepatan ini mati yaitu karena adanya error pada panelnya. Panel yang error atau rusak dapat menyebabkan jarum/angka penunjuk menjadi terlihat samar. Yang kedua dapat menyebabkan mati total.