Berita

    Apa itu Magnetic Clutch dan Fungsinya?

    Saat menggunakan AC, komponen ini bekerja untuk mengatur suhu mobil agar tetap stabil di dalam ruangan. Salah satu elemen yang penting dalam kinerja AC ini adalah magnetic clutch.

    Hal ini dikarenakan komponen tersebut dapat memberikan sistem pendingin kabin dapat bekerja dengan baik. Dalam artikel ini, mari bahas lebih lanjut tentang komponen AC mobil satu ini!

    Apa Itu Magnetic Clutch?

    Komponen ini bisa disebut dengan kopling magnetik, yang merupakan salah satu komponen vital dalam sistem AC mobil. Komponen ini terdiri dari beberapa bagian yaitu pulley, clutch, dan spul magnetic.

    Kegunaan komponen mekanik ini mampu mengendalikan daya antara 2 sistem dengan menghubungkan kompresor pada putaran mesin. Alat ini juga bekerja untuk memutuskan koneksi antara 2 sistem melalui medan magnet.

    Komponen

    Kopling magnetik terdiri dari beberapa komponen yang memiliki cara kerja dan deskripsi berbeda. Adapun kelengkapannya adalah sebagai berikut:

    • Rotor

    Komponen yang berputar dan memiliki medan magnet. Fungsinya yakni memproduksi tegangan dari medan magnet, lalu diinduksikan menuju stator.

    • Stator

    Bagian yang terdiri dari bobbin dan kumparan listrik untuk menghasilkan medan magnet saat diakui listrik.

    • Pelat Penghubung

    Plat besi yang menghubungkan rotor dan stator untuk membantu mengendalikan transfer daya.

    • Plat Tambahan

    Diletakkan di antara pelat penghubung dan rotor untuk meningkatkan kinerja dan memperkuat medan magnet.

    • Housing

    Kas besi yang menahan kopling magnetik untuk memastikan setiap komponen bekerja dengan maksimal.

    • Bantalan

    Komponen yang bekerja untuk mencegah gesekan terjadi antara stator dan rotor serta membantu menekan jumlah beban di komponen kopling magnetik.

    • Sistem Kontrol

    Sistem perangkat yang membantu pengendalian aplikasi listrik menuju kumparan listrik pada stator.

    Fungsi

    Terdapat beberapa fungsi dari alat ini yang mampu mempengaruhi kinerja mesin AC mobil. Apa saja itu? Berikut penjelasan singkatnya:

    • Pengendalian Daya

    Kopling magnetik berfungsi untuk mengendalikan transfer daya antara 2 sistem pada mesin dan kompresor. Hal ini yang memudahkan Anda untuk mengatur daya suhu AC pada ruang kabin mobil lebih efektif.

    pengaturan daya ac

    • Perlindungan Komponen Mesin Mobil

    Fungsi lainnya adalah dapat memberikan perlindungan terhadap mesin mobil. Misalnya apabila mesin mengalami beban yang tidak terkontrol, maka bisa terhindar dari kerusakan yang fatal.

    • Performa Mesin Terjaga

    Kopling magnetik juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi mesin AC mobil. Sehingga performa mesin mobil tetap terjaga saat mengendalikan transfer daya.

    • Hemat Bahan Bakar

    Tidak selamanya, menyalakan mesin AC itu jadi lebih boros terhadap konsumsi bahan bakar. Hal ini dikarenakan kopling magnetik mampu mengurangi konsumsi daya mesin dan hanya digunakan saat diperlukan saja.

    Cara Kerja Magnetic Clutch pada AC Mobil

    Selanjutnya, perlu Anda pahami juga bagaimana cara kerja komponen AC ini, baik saat mobil menyala ataupun dalam keadaan mati. Apa saja? Ini daftarnya:

    • Mesin Menyala

    Saat mesin mobil dalam kondisi menyala, kopling magnetik akan berputar mengikuti putaran mesin secara terus menerus. 

    Perputaran ini akan menciptakan arus listrik pada magnet spool, kemudian menarik centerpiece dan menekan permukaan gesek pulley. Arus listrik ini akan membuat centerpiece dan kompresor berputar.

    • Mesin Mati

    Jika mesin mobil mati, cara kerja kopling magnetik ini tentu berbeda, dimana pulley akan berhenti bekerja karena tidak adanya putaran mesin. Efeknya kompresor pun tidak bekerja sehingga AC mobil pun mati.

    Demikian penjelasan mengenai apa itu magnetic clutch beserta dengan fungsinya. Hal ini bisa menjadi wawasan untuk mengetahui cara kerja AC pada kendaraan mobil Anda.