Berita

    Ketahui Pemicu Air Keluar dari Knalpot Mobil

    Sebagai orang yang awam tentang hal-hal yang berkaitan dengan mesin mobil. Anda tentu bingung melihat air keluar dari knalpot mobil ketika sedang dipanaskan. Ada yang mengatakan hal tersebut lumrah, ada pula yang mengindikasikan adanya kebocoran. 

    Untuk memastikan kondisi mesin mobil, harus diketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi pemicunya untuk menentukan langkah antisipasi yang perlu dilakukan. Beberapa penyebab yang membuat air keluar dari knalpot kendaraan diantaranya adalah: 

    1. Suhu dalam Mesin

    Penyebab pertama yang membuat knalpot mengeluarkan air biasanya terjadi pada mobil yang ada di daerah dingin atau yang diparkir di luar rumah semalaman. Saat dipanaskan di pagi hari, suhu udaranya yang rendah bercampur dengan mesin mobil yang menghasilkan panas. Hal inilah yang akhirnya menciptakan tetesan embun hingga membuat air keluar dari knalpot. Namun tidak perlu khawatir karena kondisi seperti ini masih tergolong wajar bagi kendaraan Anda. 

            2. Proses Kondensasi

    Penyebab air keluar dari knalpot mobil yang kedua disebabkan proses kondensasi atau adanya perubahan wujud yang terjadi pada knalpot. Kendaraan yang diparkir di luar rumah semalaman saat suhu rendah mengakibatkan pipa besi pada knalpot menjadi dingin. Bagian mesin yang mengalami pembakaran internal saat mobil dipanaskan akan menghasilkan suhu panas dengan karbondioksida. Pada proses ini, sisa gas dalam mesin akan mengalami kondensasi menjadi tetesan air yang keluar dari knalpot.  

            3. Knalpot Tergenang Air

    Mobil yang melintasi daerah banjir, sempat tergenang air, atau proses mencucinya yang tidak tepat juga bisa membuat knalpotnya mengeluarkan air. Ini dikarenakan air yang masuk akan terjebak dalam muffler namun tidak sampai masuk ke dalam mesin mobil.  Ketika mobil dipanaskan kembali, maka air tersebut akan keluar dan jumlahnya lebih banyak daripada biasanya. Kondisi yang seperti ini juga masih dalam taraf wajar bagi kendaraan sehingga Anda tidak perlu merasa cemas.

            4. Piston Bermasalah

    Piston yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi penyebab air keluar dari knalpot mobil. Cara mengetahui kondisi piston bisa dilihat dari ada tidaknya asap yang keluar dari knalpot bersamaan dengan air.  Kondisi tersebut ada juga yang diiringi dengan aroma seperti terbakar ketika air keluar dari knalpot. Jika hal ini terjadi, segera matikan mesin, pastikan tidak digunakan oleh siapapun dan hubungi bengkel terdekat untuk mengganti piston mobil Anda.