Berita

    Ketahui Fungsi Sabuk Pengaman Mobil untuk Keselamatan

    Mobil memiliki fitur keamanan dasar bagi pengendaranya. Sebut saja sabuk pengaman mobil (safety belt). Fitur ini penting dimiliki mobil, supaya pengendara tetap aman saat perjalanan. 

    Ada beberapa macam safety belt yang harus diketahui pemilik mobil. Pastikan Anda simak artikel ini sampai selesai ya.

    Ada beberapa fungsi penggunaan safety belt pada mobil. Berikut rinciannya:

            1. Melindungi tubuh dari benturan

    Sabuk pengaman mempunyai fungsi untuk melindungi bagian tubuh dari benturan saat kecelakaan. Baik kepala, badan dan bagian tubuh lain.

    Misalnya jika ada keadaan rem mendadak, sabuk pengaman ini akan menahan kepala dan badan terbentur. Untuk itu, wajib menggunakan safety belt saat berkendara. Baik bagi sopir maupun penumpang.

            2. Mempertahankan tetap di kursi mobil

    Selain menahan dari benturan, sabuk pengaman berfungsi untuk menahan tubuh tetap berada di kursi mobil. 

    Misalnya saja ketika ada kecelakaan, maka posisi pengemudi atau penumpang tetap di kursi. Tidak terlempar ke bagian lain, ataupun ke luar mobil. 

    Untuk itu, pastikan safety belt terpasang dengan benar dan rapat. Supaya bisa menahan tubuh dengan baik apabila ada peristiwa kecelakaan.

            3. Mengurangi cedera saat kecelakaan

    Apabila fungsi tersebut bisa didapatkan dengan baik, otomatis bisa mengurangi cedera yang ada. Rem mendadak yang bisa menyebabkan kepala terbentur, jadi terlindungi.

    Termasuk apabila jika kecelakaan fatal terjadi. Peluang untuk terlempar mobil tinggi, maka bisa terminimalisir agak tidak sampai ke luar mobil.

            4. Kenyamanan saat berkendara

    Safety belt juga berfungsi supaya Anda nyaman saat berkendara. Menjaga supaya Anda tidak terlalu maju, atau kaku saat mengendarai mobil.

    Macam-macam Sabuk Pengaman

    Meski sepertinya safety belt hanya menyilang di dada, tapi ternyata ada macam-macam sabuk pengaman mobil. Ini dia bentuknya:

            1. Satu titik pangkuan

    Bentuk pertama cukup sederhana dan sering kali ditemukan pada mobil keluaran lama. Safety belt satu titik pangkuan ini hanya terdiri satu helai sabuk.  

    Sabuk tersebut menyilang di pangkuan penumpang mobil. Selain digunakan pada mobil keluaran lama, juga biasanya untuk penumpang pesawat atau bagian belakang mobil.