Berita

    Ketahui Ciri Kerusakan Flywheel Pada Mobil

    Flywheel adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mengatur perputaran mesin. Sama seperti komponen mobil lainnya, kemungkinan terjadinya kerusakan flywheel bisa saja terjadi. 

    Ketika komponen ini menunjukkan tanda-tanda kerusakan, performa mobil akan terganggu. Maka dari itu, kenali ciri flywheel yang rusak di dalam artikel ini.

    Ciri-ciri Kerusakan Pada Flywheel

    Kerusakan flywheel tidak bisa disepelekan. Tidak hanya mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, tapi juga berpotensi membahayakan pengemudi dan penumpang lainnya. Agar lebih jelas, simak informasi mengenai ciri flywheel yang rusak berikut ini.

    • Mesin Mobil Cepat Panas

    Ciri pertama dari rusaknya flywheel adalah mesin mobil akan lebih cepat panas. Hal ini disebabkan karena adanya aus atau keretakan pada komponennya. Saat Anda merasakan perubahan seperti ini, lekas periksakan mobil Anda pada bengkel yang terpercaya.

    • Kopling dan Transmisi Tidak Merespons

    Pada mobil dengan transmisi manual, kerusakan pada flywheel bisa dirasakan dari sistem kopling dan transmisi yang tidak merespons normal. 

    Saat flywheel rusak, Anda juga akan mendengar suara gemuruh dan keras seperti gesekan benda saat Anda mengubah persneling. Selain itu pula, Anda akan merasakan getaran kasar saat Anda pedal kopling diinjak.

    • Tercium Bau Terbakar

    Flywheel yang rusak menimbulkan bau terbakar yang cukup menyengat saat Anda berkendara. Bau terbakar ini disebabkan oleh kondisi flywheel yang panas dan aus, sehingga kopling mobil tidak berfungsi seperti biasanya.

    • Flywheel Penyok

    Kondisi flywheel yang penyok, muncul guratan, dan bintik-bintik menandakan flywheel rusak. Saat Anda mendapati kondisi seperti itu, sebaiknya segera anda lakukan tindakan perbaikan.

    Dalam kasus ini, tindakan mengamplas flywheel secara berlebihan sangat tidak disarankan. Saat Anda membawanya ke bengkel, Anda perlu mengetahui tindakan apa yang dilakukan oleh bengkel untuk mengatasi penyok pada flywheel.

    • Kopling Selip

    Saat Anda melakukan akselerasi mendadak dan Anda merasakan mobil selip, bisa jadi itu adalah ciri flywheel rusak. Kondisi ini disebabkan oleh keausan sehingga daya dorongnya berkurang. Selain itu pula, selip bisa disebabkan karena kerusakan kopling.

    Penyebab Kerusakan Pada Flywheel