Berita

    Yuk, Cari Tahu Apa Saja Bagian Mobil yang Diperiksa Setelah Liburan

    Apa yang akan Anda peroleh setelah kembali dari liburan? Semangat dan tubuh yang kembali segar. Rasanya bahkan mungkin tidak sabar untuk kembali ke rutinitas harian. 

    Tapi, tunggu dulu. Ada yang perlu Anda cek usai liburan dan sebelum memulai aktivitas harian. Apa itu? Mobil Anda. 

    Meskipun hanya digunakan untuk perjalanan liburan jarak dekat, tetap perlu ada bagian mobil yang diperiksa. Tujuannya, untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak dan siap dipakai kembali untuk menemani rutinitas harian Anda. 

    Nah, apa saja komponen itu? Inilah daftarnya. Perhatikan dan segera periksa sebelum terlambat. 

            1. Ban mobil yang bisa saja mengalami keausan

    Mesin dan bodi bukan satu-satunya komponen yang mengalami tekanan selama perjalanan jauh untuk liburan. Pengaruh kondisi jalan atau medan yang dilalui dapat berdampak pada ban, misal kerikil tajam yang menggores ban selama perjalanan. 

    Ketika digunakan untuk perjalanan jauh, ban cenderung lebih mudah aus karena aspal yang lebih panas, terutama jika ban yang dipakai tidak berkualitas tinggi. Begitu pun dengan permukaan jalan yang bergelombang, dapat merusak ban. 

    Untuk itu, segera bawa ke bengkel dan cek kondisi ban. Pastikan dalam keadaan baik. Bila ada kerusakan, segera ganti yang baru untuk menghindari terjadinya kecelakaan. 

            2. Periksa oli dan filter

    Untuk memastikan bahwa mobil berada dalam kondisi terbaik dan siap dipakai kembali, periksa bagian oli dan filter. Sebab jika oli ternyata sudah habis dan filter mulai rusak, juga dapat menghambat kinerja rem. Akhirnya, risiko terjadi kecelakaan bisa semakin besar. 

    Ada beberapa hal yang perlu dipastikan untuk pengecekan oli dan filter yaitu: 

    • Anda harus memastikan jika volume oli masih di atas batas bawah dipstick oil atau tongkat pengukur oli. 
    • Periksa warnanya, apakah masih bening atau sudah berubah menjadi hitam pekat yang keruh. Segera ganti jika sudah keruh. 
    • Rasakan teksturnya, apakah terasa seperti ada butiran-butiran kecil atau tidak. Bila terasa seperti ada butiran pasir, segera ganti yang baru. 
       

            3. Mesin mobil 

    Setelah berlibur entah ke daerah yang dekat atau jauh, bagian mesin bisa saja kotor atau berdebu. Terlebih ketika liburan Anda adalah ke pantai. Akan ada banyak sisa-sisa pasir di ruang kabin atau bahkan ada yang masuk ke mesin.