Berita

    Ternyata, Ini Cara Poles Mobil dengan Baik dan Benar

    Kotoran dan percikan air yang menempel pada bodi kendaraan adalah musuh utama cat mobil. Tumpukan keduanya akan membuat cat menjadi redup karena proses kimiawi. Pada kondisi seperti ini tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan sederhana berupa mencuci dan melakukan poles mobil supaya penampilan mobil Anda selalu menawan.

    Peralatan Poles Mobil

    Sebelum memulai pemolesan mobil, ada baiknya mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan yang akan digunakan.

    1. Cairan Poles

    Cairan poles menjadi medium pemolesan yang sangat penting. Untungnya cairan poles sudah banyak dijual secara bebas sehingga mudah Anda temukan dengan terdiri dari dua jenis, yakni Wax dan Hard Shell.

    2. Mesin Poles

    Mesin poles menjadi alat utama untuk mempermudah proses pemolesan bodi mobil Anda. Di dalam mesin ini terdapat dua jenis kain, yakni halus dan kasar. Kain kasar untuk meratakan cairan poles, sedangkan versi halus untuk membuat bodi mobil Anda lebih mengkilap. Keduanya pasti digunakan secara bergantian sesuai fungsinya.

    Cara Poles Mobil Yang Baik Dan Benar

    Setelah Anda mempersiapkan seluruh alat yang dibutuhkan, sekarang waktunya memulai proses pemolesan mobil. Di bawah ini ada beberapa cara yang sebaiknya Anda ikuti secara benar. Berikut penjelasannya.  

    1. Cuci Dan Keringkan Mobil Sebelum Mulai Memoles

    Pastikan tidak ada lumpur kering dan kotoran menempel di badan mobil karena ini bisa menggores cat mobil ketika kamu memolesnya. Jika mobil tidak perlu dicuci, pastikan badan mobil bersih dari debu agar hasil polesan sempurna, kamu bisa memakai kemoceng halus untuk menyingkirkan debu.

    2. Mulai Pemolesan Mobil  

    Sekarang Anda bisa memulai proses pemolesan dari bagian atas mobil. Oleskan cairan poles lalu gunakan mesin dengan kain bertekstur kasar. Proses pemolesan harus dilakukan dengan pola yang teratur. Selain itu, lakukan pemolesan secara halus agar tidak malah memberikan goresan baru pada bodi mobil. Jika sudah, lanjutkan ke bagian lainnya dari mobil.  

    3. Gunakan Proses Menggosok

    Untuk memberikan efek mengkilap, Anda bisa melakukan proses gosok atau lapping menggunakan kain halus dari mesin poles. Di dalam proses ini sudah tidak perlu lagi memberikan cairan poles. Proses lapping dapat dilakukan pada seluruh bagian bodi mobil.

    4. Jangan Lupa Poles Kaca Mika Lampu dan Velg

    Jangan lupa juga untuk memoles kaca mika lampu dan velg mobil. Kemudian untuk celah-celah sempit seperti yang terdapat di velg, jangan ragu untuk menggunakan alat sikat gigi agar hasil pemolesan semakin maksimal. Untuk bagian kaca dan spion mobil, Anda bisa menggunakan obat penghilang jamur sebagai cairan pembantu. Sekarang pemolesan mobil telah selesai.