Berita

    Mengenal Istilah On The Road dan Off The Road Agar Tak Tertipu

    Dalam penjualan kendaraan ada istilah harga On The Road dan Off The Road. Kedua istilah tersebut memiliki makna yang sangat berbeda yang harus dipahami oleh calon konsumen saat melakukan pembelian kendaraan.

    Lantas sebenarnya apa yang dimaksud dari kedua istilah tersebut? Untuk itu kita akan bahas satu persatu. Harga On The Road adalah istilah yang digunakan untuk  menyebut harga beli sebuah mobil beserta kelengkapan surat-surat berharga (STNK serta BPKP). Harga OTR juga sudah termasuk pajak yang harus dibayar.

    Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan lain setelah membayar harga OTR. Jadi, bisa dibilang OTR adalah harga beli total sebuah mobil. Istilah OTR sendiri memiliki makna ready to go. Dengan demikian jika membeli sebuah mobil dengan harga beli OTR, maka anda bisa langsung menggunakan mobil tersebut di jalan.

    Alasannya adalah karena saat membayar harga OTR, Anda sudah sekaligus menebus biaya pengurusan surat-surat berharga serta pajak kendaraan.

    Selain On the Road, dalam perhitungan kredit mobil juga ada istilah Off the Road. Istilah ini mungkin jarang terdengar karena memang relatif sedikit digunakan. Kebalikan dengan On The Road, harga Off the Road justru tidak mencakup kelengkapan tersebut, murni hanya harga kendaraan.

    Metode ini lebih jarang dipilih karena relatif lebih rumit karena konsumen masih harus mengurus sendiri kelengkapan seperti pajak kendaraan, STNK, hingga BPKB. Bahkan ada kemungkinan biaya yang dikeluarkan justru lebih besar dari harga On the Road. Anda juga tidak bisa langsung menggunakan mobil jika memilih harga Off the Road.

    Umumnya harga Off the road disampaikan untuk mobil-mobil premium yang biaya pengurusan surat-suratnya sangatlah mahal. Maka bila disampaikan dalam harga On The Road dikhawatirkan pelanggan akan langsung enggan untuk melakukan pembelian.

    Beberapa istilah lain yang mungkin muncul

    Dalam pembelian mobil On The Road dan Off The Road hanyalah sebagian kecil dari istilah yang seharusnya kenali. Dan berikut adalah beberapa istilah lain yang harus dipahami agar tidak disalah artikan ketika membeli kendaraan.

    • Tanda jadi

    Setelah memutuskan untuk membeli sebuah mobil, pihak dealer akan meminta Anda membayar sejumlah uang. Uang tersebut biasanya disebut dengan istilah tanda jadi. Uang tanda jadi adalah semacam pengikat antara Anda dengan pihak dealer. Besarannya bermacam-macam, tergantung dealer mobil. Nominal rata-rata untuk tanda jadi adalah sekitar Rp 1,5-10 juta.

    • SPK