Berita

    Ketahui Penyebab Aki Mobil Panas

    Tahukah Anda bahwa aki mobil panas mengindikasikan adanya masalah yang terjadi pada pengisian aki mobil dan permasalahan aki lainnya.

    Nah, jika aki mobil Anda sedang mendidih dan berbau yang cukup menyengat. Anda wajib waspada, sebab hal ini bisa menjadi tanda jika aki mobil bermasalah.

    Namun, untuk mengetahui adanya kondisi tersebut, tidaklah mudah. Pasalnya, aki berada di dalam sebuah mesin mobil yang menyala. 

    Penyebab Aki Mobil Panas

    Hal-hal inilah yang biasanya menjadi penyebab mengapa aki mobil menjadi panas:

    • Kelebihan Pengisian Aki

    Kelebihan dalam pengisian aki atau biasanya lebih sering disebut overcharge adalah kondisi dimana pengisian aki dengan listrik melampaui batas tegangan secara normal. Dan batas nomor tegangan adalah 12,7 volt sampai 14 volt.

    Dikarenakan batas tegangan pengisian berlebihan, dan menimbulkan reaksi kimia. Aki bisa begitu panasnya bahkan mendidih.

    Namun, jika aki dibiarkan terus mendidih akibatnya juga tidak baik, diantaranya; bentuk aki bisa membengkak, timbul bau menyengat, dan yang paling berbahaya aki bisa terbakar dan meledak.

    Kelebihan pengisian aki ini biasanya disebabkan IC regulator yang bermasalah. Sehingga apabila komponen ini tidak normal dapat menyebabkan tegangan berlebihan.

    • Korsleting Aki

    Selain kelebihan pengisian akibat masalah IC regulator, penyebab aki mobil panas juga bisa ditimbulkan oleh korsleting aki.

    Korsleting aki sendiri biasanya disebabkan karena kondisi aki yang rusak, kotor, tua atau ada bagian aki yang tidak bisa dialiri aliran listrik.

    Kondisi seperti ini sering terjadi pada mobil yang memiliki aki yang sudah cukup tua. Untuk itu, jika hal ini terjadi segera ganti aki mobil Anda.

    Dalam tabung aki sendiri terdapat tiga pelat yaitu pelat positif, plat negatif, dan pelat pemisah atau isolasi. 

    Selain, kondisi aki yang kotor juga bisa disebabkan karena menggunakan aki yang tidak berkualitas dan tak sesuai. Sehingga kotoran tersebut bisa mengendap dan bertumpuk. Dan lama kelaman kotoran ini nantinya bisa menimbulkan korsleting aki.

    Cara Mengatasi Aki Mobil yang Panas 

    Setelah mengetahui penyebab aki yang panas akibat kelebihan pengisian aki dan korsleting aki. Maka, Anda wajib mengetahui cara mengatasi aki mobil panas. 

    • Mengecek Pengisian Aki

    Cara pertama untuk mengatasi aki mobil yang panas adalah mengecek pengisian aki. Pastikan tegangan dalam kondisi normal. Periksa juga kondisi alternator yang bertugas untuk memberikan listrik pada aki selama mesin menyala.