Berita

    Jangan Sampai Bingung, Ini Cara Parkir Mobil Matic yang Benar

    Mobil dengan transmisi otomatis kini sudah menjadi pilihan utama masyarakat khususnya di daerah perkotaan.

    Hal ini dikarenakan mobil bertransmisi otomatis terbilang lebih mudah digunakan dibandingkan manual. Wajar karena dengan menggunakan mobil transmisi otomatis, pengemudi tidak perlu lagi mengontrol kopling menggunakan kaki kiri.

    Meski demikian, mobil bertransmisi otomatis bukan berarti bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya tidak sedikit dari pengendara mobil bertransmisi otomatis mengalami kecelakaan karena terlalu meremehkan tingkat kesulitan mobil, khususnya saat parkir.

    Banyak terjadi kasus kecelakaan karena pengemudi salah injak pedal saat hendak parkir. Kesalahan tersebut umumnya dikarenakan mereka kurang terbiasa dengan menggunakan mobil transmisi otomatis.

    Lantas sebenarnya bagaimanakah memarkirkan mobil bertransmisi otomatis dengan aman?

    Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memarkirkan mobil bertransmisi otomatis. yang pertama adalah mencari lokasi yang terbaik untuk memarkirkan kendaraan. Posisinya disarankan untuk berada di tempat yang datar, bukan tanjakan maupun turunan.

    Disarankan juga untuk mencari lokasi parkir dengan space yang luas. dengan lokasi parkir yang luas tentunya akan meningkatkan kemudahan untuk memarkirkan kendaraan sehingga bisa melakukan manuver dengan leluasa.

    Bila sudah mendapatkan lokasi yang dirasa pas, posisikan mobil agar mudah untuk masuk ke lokasi. Biasanya cara termudah adalah dengan memposisikan mobil dengan sudut kemiringan tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan.

    Kemudian masukkan tuas perseneling ke posisi R. Pastikan untuk menginjak pedal rem saat melakukan perpindahan gigi untuk menghindari mobil bergerak sendiri. Kemudian perlahan lepas pedal rem dan biarkan mobil bergerak mundur. Umumnya, mobil bertransmisi otomatis tidak perlu ditekan pedal gas untuk bisa bergerak mundur.

    Jika memiliki fasilitas kamera mundur atau sensor parkir, maka tidak ada salahnya untuk mengandalkan fitur tersebut. Dengan adanya fitur-fitur tersebut tentunya akan memudahkan proses parkir kendaraan.

    Selain itu, pastikan juga Anda memiliki patokan sendiri menggunakan benda-benda di sekitar. Dengan memiliki patokan sendiri maka akan memudahkan parkir Anda agar tidak mengalami kecelakaan.

    Pastikan untuk selalu memberikan jarak yang cukup pada sisi kanan, kiri dan belakang kendaraan. Hal ini bertujuan untuk menghindari mobil terantuk dengan mobil lain saat mereka membuka pintu kendaraanya.