Berita

    Inilah Ciri Ciri Kerusakan Bushing Arm yang Harus Anda Ketahui

    Bushing arm atau lengan bushing adalah salah satu komponen penting yang berperan menopang dan menstabilkan kaki-kaki mobil agar bisa bekerja sesuai fungsinya. Bushing sendiri adalah bagian mobil yang berfungsi menyeimbangkan suspensi dan meredam getaran.

    Bentuknya menyerupai tabung besi yang berukuran kecil dengan komponen karet di bagian dalamnya. Komponen karet tersebutlah yang berfungsi untuk menyerap dan meredam getaran atau guncangan yang ditimbulkan saat berkendara.

    Pada dasarnya, cara kerja komponen ini adalah dengan menyerap dan meminimalkan pergerakan atau getaran dari kontrol arm serta roda mobil. Sehingga, roda mobil akan tetap berada pada posisi yang stabil dan terjaga keseimbangannya.

    Berikut Ciri Kerusakan Komponen Bushing Arm

    Seiring waktu, komponen bushing untuk kontrol arm dapat mengalami kerusakan sehingga perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Berikut ini berbagai ciri kerusakan yang perlu Anda perhatikan:

    • Mobil Tidak Stabil atau Mudah Oleng

    Kerusakan pada lengan bushing dapat menyebabkan roda mobil bergetar sehingga terasa tidak stabil saat berkendara. Penyebabnya karena jika komponen ini rusak, maka ia tidak dapat menahan kontrol arm dengan cukup kuat.

    Akibatnya, kontrol arm di roda mobil justru bergerak ke arah yang tidak semestinya. Ini dapat menyebabkan roda mobil tidak sejajar atau tidak stabil saat berkendara. Pada akhirnya dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat mengemudi.

    • Mobil Berguncang di Jalan Berlubang

    Ciri kerusakan bushing arm pada mobil selanjutnya yaitu mobil terasa berguncang hebat saat melewati jalan yang berlubang atau kasar. Hal ini disebabkan oleh kontrol arm yang tidak stabil, sehingga dapat menimbulkan pergerakan yang tidak semestinya.

    Guncangan ini dapat dirasakan di seluruh mobil dan dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Selain saat melalui jalan berlubang, guncangan ini juga bisa terasa saat mobil berbelok.

    • Muncul Suara Berisik

    Salah satu ciri kerusakan bushing arm pada mobil yaitu munculnya suara berisik. Suara ini biasanya terdengar saat mobil bergerak di atas permukaan jalan yang tidak rata atau berlubang. Penyebabnya juga bisa karena komponen yang rusak atau aus.

    Komponen lengan bushing yang rusak atau aus mengakibatkan kontrol arm menjadi longgar dan bergerak ke arah yang tidak semestinya. Biasanya, suara berisik ini muncul dari dalam kabin mobil saat melalui jalan yang tidak rata atau berlubang.

    • Muncul Suara Berdecit di Bawah Jok