Berita

    Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

    Kampas kopling adalah salah satu komponen pada mobil yang mempunyai peran penting karena fungsinya sebagai penghubung antara transmisi dengan mesin. Itu sebabnya Anda harus mengetahui ciri-ciri kampas kopling mobil habis. 

    Sebab, kendaraan yang kampasnya telah menipis atau bahkan habis akan membuat performanya menurun. Lalu, seperti apa ciri-ciri kampas kopling yang habis tersebut? Berikut informasinya!

    Mengenal Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis 

    Komponen berbentuk piringan yang dikenal dengan nama kampas kopling ini menjadi penunjang agar mobil bisa melaju secara aman dan nyaman. Ada beberapa ciri yang menandakan jika kampas kopling telah aus atau habis, diantaranya adalah: 

    • Muncul Getaran dan Suara

    Ciri yang pertama adalah munculnya getaran dan suara pada saat Anda menginjak pedal kopling. Ini dikarenakan adanya kerusakan pada release bearing. 

    • Tercium Bau Hangus

    Ciri yang kedua adalah timbulnya bau hangus karena kampas kopling yang telah habis. Aroma tersebut berasal dari clutch disc yang sering bergesekan sehingga hangus. Awalnya, aroma hangus tersebut tidak tercium hingga masuk ke dalam kabin. 

    Namun saat komponen ini mulai menipis, aroma tersebut akan semakin menguat hingga ke dalam kabin, terutama saat kendaraan melewati jalanan yang menurun atau menanjak. 

    Selain memengaruhi performa mobil, tentunya aroma tak sedap tersebut akan membuat penumpang merasa tidak nyaman.  

    • Akselerasi Lemah

    Ciri yang ketiga bisa terlihat dari menurunnya akselerasi mesin saat Anda menginjak pedal gas. Ketika akselerasi melemah, mobil tidak melaju meskipun pedal gas telah diinjak, tetapi membuat mobil menimbulkan suara yang mendecit dan meraung. 

    Apabila kampas kopling benar-benar habis, kondisi ini disebut juga dengan kondisi macet, yaitu mesin tetap hidup namun mobil berhenti. 

    • Boros Bahan Bakar

    Ciri-ciri kampas kopling mobil habis berikutnya adalah bahan bakar yang boros. Lemahnya akselerasi membuat mesin dipaksa untuk berputar dengan cepat guna menggerakkan motor sehingga konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros.

    bahan bakar boros

    • Mesin Cepat Panas

    Ciri berikutnya yang menandakan kampas kopling telah habis adalah suhu mesin yang cepat panas. Saat kampas kopling mobil habis akan membuat bagian permukaannya licin. Kondisi inilah yang membuat rotasi mesin pun semakin meningkat. 

    • Perpindahan Transmisi Sulit

    Ciri berikutnya yang menandakan kampas kopling telah habis adalah perpindahan gigi transmisi terasa kaku dan berat. Saat ini terjadi, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra. 

    Kakunya tuas pemindah gigi tersebut akibat dari mesin transmisi yang terus berputar sehingga transmisi pun sulit untuk terhubung. Parahnya lagi, kondisi tersebut bisa berdampak pada kopling yang keras dan menempel. 

    Apabila tidak segera diganti, akan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari karena mobil sulit untuk dikendalikan.  

    • Selip Kopling

    Ciri berikutnya yang menandakan kampas kopling habis ditandai dengan kondisi selip pada saat terjadi perpindahan gear. Hal ini lumrah terjadi kendaraan yang kampasnya sudah tidak bisa digunakan seperti biasa. 

    Saat melewati tanjakan, mobil akan mengeluarkan suara yang keras namun mesin seakan kehilangan tenaga sehingga tidak bisa melewati jalan yang menanjak tersebut. 

    • Pedal Kopling Terlihat Lebih Tinggi

    Ciri terakhir adalah posisi pedal kopling mobil yang terlihat lebih tinggi dari biasanya. Hal ini membuat pedal kopling memiliki jarak injak yang lebih pendek. Umumnya, pedal kopling ini bisa diatur ketinggiannya dengan cara menyesuaikan kabel kopling. 

    Namun apabila posisinya tiba-tiba naik, ada kemungkinan kampas kopling mobil mulai menipis atau habis.

    Itulah berbagai ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang harus Anda pahami dengan tujuan bisa melakukan antisipasi di kemudian hari. Ada rencana untuk servis rutin sekaligus mengganti kampas kopling?