Berita

    Mobil Ditabrak dari Belakang? Jangan Lupa Cek Bagian Ini

    Reaksi wajar ketika mobil ditabrak dari belakang adalah panik. Meskipun demikian, cobalah atasi kepanikan Anda dan berpikirlah dengan tenang. Sebab, Anda harus memastikan kondisi diri sendiri dan pihak yang menabrak terlebih dahulu.

    Selain itu, kondisi kendaraan pun harus diperiksa juga. Lantas, bagian mana saja yang perlu diperhatikan pada mobil yang tertabrak dari belakang? Berikut informasinya. 

    Bagian Kendaran yang Perlu dicek Saat Mobil Ditabrak dari Belakang

    Tabrakan mobil dari belakang adalah salah satu jenis kecelakaan yang paling umum terjadi. Kerusakan yang terjadi akibat tabrakan tersebut ada yang terlihat namun ada juga yang tersembunyi. 

    Untuk itu, Anda harus memperhatikan setiap bagian dengan seksama agar bisa diantisipasi agar kerusakannya tidak semakin parah. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa bagian yang perlu diamati ketika mengalami tabrakan dari belakang diantaranya adalah:

    1. Bemper

    Ketika ditabrak dari belakang, komponen yang paling rentan rusak adalah bemper mobil. Baik tabrakan pelan maupun keras, bagian ini yang paling terkena dampaknya. 

    Pixabay.com

    Itu sebabnya, ketika Anda mengalami kecelakaan ditabrak dari belakang, langkah pertama dalam pemeriksaan kendaraan adalah mengecek kondisi bemper mobil. 

    Kerusakan paling minim adalah bemper yang baret atau tergores. Jika benturan yang terjadi cukup keras, ada kemungkinan bemper akan menjadi penyok. 

    1. Bagasi Mobil

    Bagian mobil berikutnya yang harus dicek adalah bagasi mobil Anda. Pasalnya, benturan yang terjadi bisa saja membuat bagasi juga tergores atau bahkan penyok. Untuk itu, pastikan bagasi mobil dalam kondisi baik setelah tabrakan. 

    Bila perlu, coba buka dan tutup kembali bagasi. Sebab, bisa saja dampak dari tabrakan tersebut membuat bagasi tidak bisa ditutup, tidak rapat saat ditutup, atau tidak bisa dibuka. 

    Paling parahnya, mekanisme kunci pada bagasi menjadi bermasalah atau tutup bagasi bisa tiba-tiba terbuka dengan sendirinya. 

    1. Rangka Mobil 

    Selain bemper dan bagasi, saat mobil ditabrak dari belakang juga berdampak pada struktur rangka mobil. Hanya saja, untuk bagian ini memang sulit terlihat secara kasat mata. 

    Butuh bantuan profesional untuk mengecek kondisi rangka mobil yang pernah ditabrak apakah berdampak pada komponen lainnya atau tidak. Misalnya, pintu mobil tidak bisa ditutup atau tidak sejajar. 

    1. Ban Mobil

    Komponen lain yang tidak boleh terlewat untuk dicek kondisinya adalah ban mobil. Pengecekan pada bagian ini termasuk kondisi tekanan udara dan velg ban. 

    Periksa juga baut dan bagian roda apakah ada kerusakan yang bisa memengaruhi stabilitas mobil, misalnya saja ban mobil menjadi tidak presisi. Akan bahaya jika Anda memaksa mengemudi dengan kondisi ban yang tidak presisi. 

    Untuk cara pengecekannya adalah dengan mendongkrak mobil dan mencermati setiap bagian ban dengan posisi menggantung. Perhatikan apakah ada bagian yang terlihat berbeda di bagian suspensi, misalnya saja terlihat miring. 

    1. Kaca Mobil

    Tabrakan dari belakang juga bisa berdampak pada kaca mobil Anda. Jika sampai pecah, ada kemungkinan tabrakan tersebut membuat dudukan penopang kaca menjadi rusak sehingga membuat kaca menjadi tidak presisi, meskipun kaca telah diganti baru. 

    1. Engsel Pintu Mobil

    Bagian terakhir yang perlu diperhatikan setelah mengalami tabrakan dari belakang adalah mengecek kondisi engsel pintu mobil. 

    Meskipung tabrakan yang terjadi menghantam bagian belakang mobil, tapi bisa berdampak hingga ke bagian pintu mobil Anda jika benturan yang terjadi cukup keras. 

    Cara mengetes kondisi engsel pintu adalah dengan membuka dan menutup pintu sambil memperhatikan kondisinya. 

    Apakah pintu bisa tertutup dengan rapat dan bisa dibuka dengan mudah. Selain itu, dengarkan apakah ada suara decitan pada saat membuka/menutup pintu. 

    Waspadalah jika Anda mengalami kecelakaan mobil ditabrak dari belakang. Pastikan kondisi kedua belah pihak tidak parah lalu diskusikan mengenai perbaikan kendaraan. 

    Bila perlu, mintalah bantuan profesional atau bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar bisa diperiksa secara menyeluruh.